Palu, (Humas IAIN Palu) – Presiden Joko Widodo direncanakan akan menghadiri dan membuka pelaksanaan konferensi internasional bertajuk (Annual International Conference on Islmic Studies), di Masjid Agung Darussalam, Kota Palu, Sulawesi Tengah, 17 – 21 September 2018.

Ketua Panitia AICIS Ke-VIII Dr Abidin, di Palu, Senin,  mengemukakan rencana kehadiran Presiden Joko Widodo telah disampaikan oleh Kementerian Agams kepada IAIN Palu selaku tuan rumah penyelenggara AICIS.

“Pembukaan ini berlangsung di Masjid Agung Darussalam Palu, dirangkaikan dengan beberapa kegiatan,” ucap Dr Abidin saat rapat penyusunan agenda kehadiran Presiden Joko Widodo dan evaluasi kinerja capaian progres panitia AICIS.

Abidin menerangkan, selain Kementerian Agama,  Kemensesneg juga meminta agenda kunjungan Presiden Jokowi di Pslu terkait AICIS.

Presiden Joko Widodo direncanakan tiba pada tanggal 18 September 2018 di Palu, pagi. Presiden Joko Widodo akan disambut oleh antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Sulteng Longki Djanggola, Rektor IAIN Palu Prof Sagaf S Pettalongi MPd, Ketua DPRD Sulteng Amunuddin Ponulele, Wali Kota Palu Hidayat, Dirjend Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Direktur Pendidikan Tinggi Islam Arskal Salim, Ketua Forum Rektor PTKIN, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sulawesi Tengah.

Dari Bandar Udara Mutiara Palu, Presiden Jokowi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan rombongan menuju Rumah Jabatan Gubernuran Siranin di Jalan Mohammad Yamin.

Dari Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tengah tersebut, Presiden menuju lokasi pembukaan AICIS di Masjid Agung Palu.

Selain menyampaikan sambutan dan membuka AICIS, urai Abidin, Presiden Jokowi juga akan menyerahkan bantuan secara simbol terdiri dari beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), kemudian menyerahkan beasiswa bidikmisi kepada mahasiswa IAIN Palu.

IAIN Palu di percayakan oleh Kementerian Agama untuk menjadi ruan rumah penyelenggara AICIS Ke-VIII tahun 2018. Kegiatan berskala nasional dan internasional ini akan di ikuti ratusan peserta akademisi dari dalam dan luar negeri.

AICIS sekaligus menjadi media promosi potensi wisata alam dan bahari serta wisata religi yang di miliki Sulawesi Tengah. AICIS juga menjadi ajang promosi budaya dan kuliner khas Suku Kaili di Sulawesi Tengah.

AICIS sekaligus memberikan dampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di daerah itu dari sektor jasa.

Categories: Berita